BB200
Lokomotif BB 200 buatan General Motors adalah lokomotif diesel elektrik tipe pertama dengan transmisi daya DC - DC yang sudah digunakan di Jawa sejak tahun1957.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 950 HP dengan susunan gandar lokomotif ini adalah (A1A)(A1A). Hal ini dibuat agar tekanan gandarnya rendah, karena berat lokomotif ini sebesar 75 ton.
Panjang body : 13106 mm
Lebar body : 2794 mm
Berat kosong : 70 ton
Daya mesin : 950 HP
Jumlah motor traksi : 4 buah
Kecepatan maksimum : 110 km/jam
Mesin:
Mesin Diesel :EMD-G8
Kompresi : 2 Langkah
Transmisi : Diesel Electric
Generator-Motor Traksi : DC-DC
Kapasitas Bahan Bakar : 1547 Liter
Kapasitas Pasir : 251 Liter
Kapasitas Air Pendingin : 412 liter
BB201
Lokomotif BB 201 buatan General Motors adalah lokomotif diesel elektrik tipe kedua dengan transmisi daya DC - DC yang sudah dioperasikan sejak tahun 1964.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1425 HP dengan susunan gandar lokomotif ini adalah (A1A)(A1A). Susunan gandarnya sama seperti lokomotif BB200.
Profil lokomotif BB201:
Panjang body : 13106 mm
Lebar body : 2819 mm
Berat kosong : 74 ton
Daya mesin : 1425 HP
Jumlah motor traksi : 4 buah
Kecepatan maksimum : 120 km/jam
BB202
Lokomotif BB 202 buatan General Motors adalah lokomotif diesel elektrik tipe ketiga dengan transmisi daya DC - DC yang mulai beroperasi sejak tahun 70-an. Lokomotif ini berebeda dengan lokomotif BB200 dan BB201 ataupu lokomotif diesel elektrik lain, lokomotif yang mempunyai satu kabin masinis ini tidak memiliki hidung (nose)
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1100 HP dengan susunan gandar lokomotif ini adalah (A1A)(A1A). Susunan gandarnya serupa dengan lokomotif BB200 ataupun BB201.
Lokomotif ini terdapat di dipo lokomotif Kertapati untuk dinasan kereta penumpang dan kereta barang.
Profil Lokomotif BB202:
Panjang body : 11582 mm
Lebar body : 2965 mm
Berat kosong : 62 ton
Daya mesin : 1100 HP
Jumlah motor traksi : 4 buah
Kecepatan maksimum : 100 km/jam
BB203
Lokomotif BB 203 buatan General Electric adalah lokomotif diesel elektrik tipe keempat (U18B) dengan transmisi daya DC - DC yang mulai beroperasi sejak tahun 1978.
Bentuk, ukuran, dan komponen utama lokomotif ini sama seperti lokomotif CC201, yang membedakan adalah susunan gandarnya. Jika lokomotif CC201 bergandar Co'-Co' dimana setiap bogienya memiliki tiga gandar penggerak, lokomotif BB203 bergandar (A1A)(A1A), dimana setiap bogienya juga memiliki tiga gandar, tetapi hanya dua gandar dalam setiap bogienya yang digunakan sebagai gandar penggerak.
Jika lokomotif CC201 memiliki enam motor traksi, lokomotif BB203 hanya memiliki empat motor traksi.
BB204
Lokomotif BB 204 merupakan satu-satunya lokomotif di Indonesia buatan Eropa, yaitu SLM yang khusus dioperasikan pada jalan rel bergigi. Lokomotif ini sudah ada di Indonesia sejak 1981.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1230 HP dengan susunan gandar lokomotif ini adalah Bo' 2 Bo', artinya dua bogie dengan dua gandar penggerak dan satu bogie idle dua gandar.
Lokomotif ini terdapat di Divisi Regional II Sumatra Barat yang relnya bergigi.
Panjang body : 12600 mm
Lebar body : 2800 mm
Berat kosong : 52,8 ton
Daya mesin : 1230 HP
Jumlah motor traksi : 4 buah
Kecepatan maksimum : 60 km/jam
CC200
Lokomotif CC200 adalah lokomotif diesel pertama di Indonesia, buatan pabrik General Electric tahun 1953. Lokomotif diesel elektrik dengan berat 96 ton ini dipesan oleh Indonesia sebanyak 27 buah. Lokomotif CC200 yang tersisa sekarang berada di Dipo Lokomotif Cirebon yaitu CC20015 yang masih dirawat dengan baik untuk dilestarikan. Dua "saudara" terakhirnya, CC20008 dan CC20009 sudah dikirim ke Balai Yasa Yogyakarta setelah dinyatakan pensiun.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1750 HP dengan susunan gandar lokomotif ini adalah Co' 2 Co' artinya, lokomotif ini memiliki dua bogie penggerak masing-masing dengan 3 gandar penggerak dengan 6 motor traksi dan satu bogie idle yang terdiri dari 2 pasang roda.
CC201
Lokomotif CC201 adalah lokomotif buatan General Electric jenis U18C. Dibanding lokomotif tipe sebelumnya yaitu CC200, maka tipe CC201 mempunyai konstruksi yang lebih ramping dengan berat 84 ton dan daya mesin 1950 HP. Lokomotif ini bergandar Co'Co'. Artinya lokomotif memiliki 2 bogie masing-masing 3 gandar atau 6 gandar penggerak dengan 6 motor traksi, sehingga lokomotif ini dapat dioperasikan pada lintas datar maupun pegunungan. Di Indonesia, saat ini ada 135 loko CC201 yang masih beroperasi.
Penggunaan di Indonesia
PT Kereta Api Indonesia memesan lokomotif ini pada tahun 1976 sebanyak 38 buah. Selanjutnya lokomotif ini dibeli lagi oleh Indonesia pada tahun 1984 dan 1992 berturut-turut sebanyak 34 dan 20 buah ditambah lokomotif CC201 hasil perubahan dari lokomotif BB203. Lokomotif CC201 hampir terdapat di semua dipo induk di Indonesia
Profil Lokomotif CC201:
Dimensi:
1. Lebar sepur (track gauge): 1067 mm
2. Panjang body: 14134 mm
3. Jarak antara alat perangkai: 15214 mm
4. Lebar badan (body): 2642 mm
5. Tinggi maksimum: 3636 mm
6. Jarak gandar: 3304 mm
7. Jarak antar pivot: 7680 mm
8. Diameter roda penggerak: 914 mm
9. Diameter roda idle: -
10. Tinggi alat perangkai: 770 mm
Berat:
1. Berat kosong: 78 ton
2. Berat siap: 84 ton
3. Berat adhesi: 84 ton
Motor Diesel:
1. Tipe: GE-7FDL8 ( Ford-Donaldson Diesel Eng. Corp )
2. Jenis: 4 langkah, turbocharger
3. Daya Mesin: 1950 HP
4. Daya ke generator/converter: 1825 HP
Motor Traksi/ Converter:
1. Jumlah motor traksi: 6
2. Tipe motor: GE 761, arus searah ( DC-DC )
3. Gear ratio: 90 : 21
4. Tipe generator: GT 581
Kinerja:
1. Kecepatan maksimum: 120 km/jam
2. Gaya tarik maksimum (adhesi): 17640 kgf
3. Kecepatan minimum kontinu: 24 km/jam
4. Jari-jari lengkung terkecil: 56.7 m
Kapasitas:
1. Bahan bakar: 3028 liter
2. Minyak pelumas: 984 liter
3. Air pendingin: 684 liter
CC202
Lokomotif CC 202 adalah lokomotif buatan General Motors, Kanada. Lokomotif CC202 adalah lokomotif terberat di Indonesia yaitu 108 ton.
Lokomotif ini mempunyai spesifikasi teknik dan karakteristik khusus untuk menarik kereta api barang. Armada lokomotif ini hanya terdapat di Sumatra Selatan untuk melayani kereta api pengangkut batu bara. Lokomotif ini berjumlah 39 buah dan berada di Dipo Lokomotif Tanjung Karang (Dipo Induk TNK). Pada bulan April, dipo ini kedatangan 9 buah lokomotif CC202, dan total menjadi 48 buah.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 2250 HP dengan susunan gandar lokomotif ini adalah Co' Co'. Artinya, lokomotif ini memiliki dua bogie dimana setiap bogienya memiliki tiga poros penggerak.
CC203
Lokomotif CC203 buatan General Electric dengan seri U20C merupakan pengembangan desain dari lokomotif CC201, yaitu pada bentuk kabin masinis ujung pendek yang aerodinamis, serta diperlebar untuk kenyamanan dan mengurangi penumpang liar.
Lokomotif ini bergandar Co'Co'. Artinya adalah lokomotif dengan dua bogie, di mana setiap bogie mempunyai tiga poros penggerak yang masing-masing digerakkan oleh motor tersendiri.
Yang membedakan adalah lokomotif CC203 menggunakan motor diesel dengan dua tingkat turbocharger sehingga dayanya 2150 HP.
Jumlah lokomotif ini adalah 37 buah di Jawa dan 4 buah di Sumatra Selatan.
CC204
Lokomotif CC204 merupakan kelas lokomotif diesel-elektrik yang dirakit khusus untuk Indonesia oleh PT. General Electric Lokomotif Indonesia yang merupakan perusahaan kerja sama antara General Electric Transportation dengan Industri Kereta Api Madiun (INKA). Lokomotif kelas ini terbagi menjadi dua seri, yaitu CC204 seri pertama yang merupakan model C18Mmi denganshort hood spartan (seperti CC201), dan CC204 seri kedua yang merupakan model C20EMP dengan hidung aerodinamis (seperti CC203).
Kedua seri sama-sama bergandar Co'Co'. Artinya adalah lokomotif dengan dua bogie, di mana setiap bogie mempunyai tiga poros penggerak yang masing-masing digerakkan oleh motor traksi tersendiri. Lokomotif ini mempunyai komponen komputer Brightstar Sirius yang dikembangkan oleh General Electric sehingga lokomotif jenis ini mampu memitigasi kerusakan sekitar 45 menit sebelum kerusakan itu terjadi. Kini mayoritas lokomotif ini terletak didipo lokomotif Sidotopo Surabaya (SDT). Lokomotif CC204 08 dan seterusnya dibeli oleh PT. Kereta Api Indonesia senilai Rp 20.000.000.000,00. Lokomotif ini memiliki daya tarik hingga 12 gerbong. Kecepatan maksimal lokomotif ini adalah 120 km/jam.
CC205
Lokomotif CC205 adalah lokomotif terbaru PT Kereta Api (Persero) buatan General Motors,Ontario, Kanada. Lokomotif CC205 adalah lokomotif terberat Kedua setelah CC 202 di Indonesia yaitu 108 ton. Lokomotif ini dibeli untuk menggantikan beberapa tugas lokomotif CC 202 yang sudah berumur. Dalam hal ini 4 lokomotif CC 202 bisa diganti dengan 2 lokomotif CC 205 Lokomotif ini tiba di Indonesia tepatnya di Provinsi Lampung tanggal 26 September 2011, karena lokomotif ini hanya di khususkan untuk menarik rangkaian kereta pengangkut batubara (Babaranjang) di Divre III Sumatera Selatan.Lokomotif CC205 saat ini menjadi lokomotif berteknologi paling modern di Indonesia. Lokomotif ini memiliki nomor seri EMD GT38ACe. Artinya adalah:
- G : General Purpose (Untuk segala keperluan)
- T : Turbocharger (Dengan turbocharger)
- 38 : mesin EMD 710
- 8 silinder (dengan tenaga bisa sampai 3000 HP)
- AC : Motor traksi sistem AC-ACDengan menggunakan mesin diesel bertipe 8-710G3A , dengan jenis mesin 2 langkah (2 tak)dengan 8 silinder yang sudah dimodifikasi , sehingga tingkat emisi gas buang lebih rendah. Menggunakan sistem rem 26L air brake system.
Sistem Kerja
Menggunakan sistem operasi berbasis microprocessor tipe EM2000 yang mengendalikan seluruh fungsi sistem kerja lokomotif. Pengendalian semua komponen yang merupakan subsistem, seperti Motor Diesel, alternator, motor traksi, kompresor, dst. Semua fungsi dan kerja akan direkam dan dapat didownload ke laptop. Sistem juga dapat melakukan self diagnostic bila terjadi gangguan pada lokomotif yang akan direkam dan dapat ditampilkan pada layar monitor, sehingga dapat diketahui penyebab gangguannya.
Mesin Terbaru
Mesin yang digunakan CC205 adalah tipe mesin terbaru dan terbaik buatan EMD Canada . Mesin ini adalah jenis mesin yang sama digunakan di lokomotif jenis SD60 series, SD70 series, SD80 series, dan SD9043MAC. Mesin ini berbeda dari mesin EMD 567C, EMD 645E, dan juga GE 7FDL-8 karena mesin ini menggunakan teknologi terbaru sehingga membuat mesinnya rendah polusi dan kebisingan.
C300
Lokomotif C 300 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Karl Marx, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1957.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 330 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk langsir kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 30 km/jam. Lokomotif ini bergandar C', artinya lokomotif ini memiliki tiga gandar penggerak.
Profil Lokomotif C300:
· Panjang body : 7100 mm
· Lebar body : 2920 mm
· Berat kosong : 28 ton
· Daya mesin : 330 HP
· Jumlah motor traksi : 1 buah
· Kecepatan maksimum : 30 km/jam
C301
Lokomotif C301 adalah lokomotif disel hidrolik buatan NCM-Holland, Belanda. Lokomotif ini dioperasikan pada tahun 1970.
Lokomotif ini berdaya 210 HP. Lokomotif ini digunakan untuk menarik kereta barang dan penumpang. Lokomotif in hanya di Aceh yang mempunyai lebar sepur 750 mm untuk menggantikan tugas lokomotif uap. Lokomotif ini adalah lokomotif milik PT. Kereta Api (Persero) yang ukurannya paling pendek. Lokomotif ini tidak terlalu lama beroperasi.
Lokomotif D 300 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1968.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 340 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk langsir kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 50 km/jam. Lokomotif ini bergandar D', artinya lokomotif ini memiliki empat gandar penggerak.
Lokomotif ini terdapat di dipo lokomotif Cepu dan dipo lokomotif Cilacap.
Profil Lokomotif D300:
· Panjang body : 7384 mm
· Lebar body : 2700 mm
· Berat kosong : 32 ton
· Daya mesin : 340 HP
· Jumlah motor traksi : 1 buah
· Kecepatan maksimum : 50 km/jam
D301
Lokomotif D 301 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1962. Lokomotif ini merupakan tipe kedua setelah D300.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 340 HP. D 301 biasa digunakan untuk melangsir kereta penumpang ataupun kereta barang. Bergandar D', yang artinya memiliki empat gandar penggerak, lokomotif D 301 dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 50 km/jam.
BB300
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 680 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk langsir kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 75 km/jam. Lokomotif ini bergandar Bo' Bo', artinya lokomotif ini memiliki dua bogie dimana setiap bogienya memiliki dua poros penggerak yang saling dihubungkan.
Profil Lokomotif BB300:
· Panjang body : 10000 mm
· Lebar body : 2720 mm
· Berat kosong : 33.6 ton
· Daya mesin : 680 HP
· Jumlah motor traksi : 1 buah
· Kecepatan maksimum : 75 km/jam
· Mesin : MTU-Mercedes Benz
· Kapasitas bahan bakar : 1860 Liter
· Kapasitas pasir : 246 Liter
· Kapasitas minyak hidrolik : 715 Liter
BB301
Lokomotif BB 301 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1964 sebanyak 10 buah.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1350 HP dengan berat lokomotif sebesar 52 ton. Lokomotif ini biasa digunakan untuk langsir kereta penumpang atau pun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 120 km/jam. Lokomotif ini bergandar Bo' Bo', artinya lokomotif ini memiliki dua bogie, di mana setiap bogienya memiliki dua poros penggerak yang saling dihubungkan..
Di Indonesia, terdapat 55 buah lokomotif BB301, namun banyak di antaranya yang sudah tidak beroperasi karena ada yang mengalami rusak berat dan ada pula yang sudah uzur termakan usia. Lokomotif ini terdapat di beberapa dipo lokomotif
BB302
Lokomotif BB 302 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Henschell, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1970.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 900 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 80 km/jam. Lokomotif ini bergandar B' B', artinya lokomotif ini memiliki dua bogie dimana setiap bogienya memiliki dua poros penggerak yang saling dihubungkan. Lokomotif ini terdapat di dipo lokomotif Medan.
Profil Lokomotif BB302:
· Panjang body : 11200 mm
· Lebar body : 2800 mm
· Berat kosong : 40,9 ton
· Daya mesin : 900 HP
· Jumlah motor traksi : 1 buah
· Kecepatan maksimum : 80 km/jam
BB303
Lokomotif BB303 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Henschell, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1973.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1010 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 90 km/jam. Lokomotif ini bergandar B' B', artinya lokomotif ini memiliki dua bogie di mana setiap bogienya memiliki dua poros yang saling dihubungkan.
Profil Lokomotif BB303:
· Panjang body : 11200 mm
· Lebar body : 2800 mm
· Berat kosong : 39,6 ton
· Daya mesin : 1010 HP
· Jumlah motor traksi : 1 buah
· Kecepatan maksimum : 90 km/jam
BB304
Lokomotif BB 304 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1976. Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1550 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 120 km/jam. Lokomotif ini bergandar B' B', artinya lokomotif ini memiliki dua bogie, di mana setiap bogienya memiliki dua poros penggerak yang saling dihubungkan.
BB305
Lokomotif BB 305 adalah lokomotif diesel hidrolik yang telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1978. Lokomotif ini dibagi menjadi tiga versi, yakni lokomotif BB305 nomor seri 01, lokomotif BB305 nomor seri 01, 02, dan 03, dan lokomotif BB305 dengan nomor seri 04 - 06.
Profil Lokomotif BB305:
· Panjang body : 11734 mm
· Lebar body : 2920 mm (nomor seri 01, 02, dan 03) dan 2870 mm (nomor seri 04 - 06)
· Berat kosong : 48 ton
· Daya mesin : 1550 HP
· Jumlah motor traksi : 1 buah
· Kecepatan maksimum : 120 km/jam
Lokomotif BB 305 (nomor seri 01, 02, dan 03)
Lokomotif BB 305 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Jenbacher, Austria. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1978.
Lokomotif ini hanya memiliki satu kabin masinis. Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1550 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 120 km/jam. Lokomotif ini bergandar B' B', artinya lokomotif ini memiliki dua bogie dimana setiap bogienya memiliki dua poros penggerak yang saling dihubungkan. Lokomotif ini bentuk bodinya mirip dengan bodi lokomotif BB302, BB303, dan BB306.
Lokomotif ini terdapat di dipo lokomotif Jember. Sayangnya, karena usia yang sudah renta dan sulitnya suku cadang, maka lokomotif ini kini sudah tidak bisa beroperasi lagi.
Lokomotif BB 305 (nomor seri 04 - 06)
Lokomotif BB 305 adalah lokomotif diesel hidrolik generasi keenam yang dimiliki oleh PT Kereta Api. Lokomotif ini diproduksi di pabriknya CFD, Perancis. Lokomotif ini juga mulai dinas sejak 1978 seperti seri yang sebelumnya. Lokomotif ini memiliki dua kabin masinis, sehingga berbeda dengan lokomotif BB305 01, 02, dan 03.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1550 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan kereta barang. Namun, karena lokomotif ini dimiliki oleh PT Kertas Leces, maka lokomotif ini hanya diperkenankan menarik KA pengangkut pulp bila diperlukan, selain itu bisa dipakai PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk dinasan KA Penumpang. Lokomotif ini memiliki dua poros penggerak yang saling dihubungkan.
Lokomotif ini terdapat di dipo lokomotif Jember, namun sayangnya, seperti seri yang sebelumnya, pengabdian BB 305 sekarang sudah tidak bisa kita nikmati lagi, karena keterbatasannya suku cadang dan usia yang sudah renta.
BB306
Lokomotif BB306 adalah lokomotif diesel hidrolik yang dipunyai oleh Dipo Kereta-kereta Besar di Jakarta Kota. Loko ini kerap digunakan untuk melangsir kereta penumpang yang akan diberangkatkan dari Stasiun Jakarta Kota (JAKK). Lokomotif ini sering digunakan pada tahun 80-an hingga 90-an, sejak datangnya era KRL, loko ini mulai terlupakan dan kebanyakan rusak termakan usia dan kurang suku cadang (salah satunya BB306 16 (Tragedi Bintaro). Lokomotif ini hanya terdapat di Stasiun Jakarta Kota (dipo lokomotif Tanah Abang).