Sabtu, 23 Juni 2012

Lokomotif Uap Terbesar di Dunia

El Gobernador

Konstruksi El Gobernador selesai dibuat pada Februari 1883, di tengah banyak kemeriahan dari rel kereta api, tetapi tidak masuk layanan sampai Maret 1884, lebih dari setahun kemudian. Selama ini, sementara masih di Sacramento, mesin raksasa ini digunakan sebagai alat iklan dengan kereta api, untuk efek spektakuler. Menurut penulis Guy L. Dunscomb, lokomotif uap  itu disimpan di bawah stasiun penumpang dekat Pasifik Tengah, di mana penumpang akan menunggu kedatangan kereta penumpang yang datang dari timur. Saat kereta tiba, El Gobernador akan uap masa lalu depot menyeret garis panjang gerbong barang kosong di belakangnya dan cukup menyebabkan kegemparan di proses. Mesin kemudian akan dipisahkan dan ditempatkan pada trackage berdekatan, di mana penumpang bisa mendapatkan baik melihat rakasa dari dekat.
Bagian dari penundaan antara konstruksi dan operasi adalah karena jalur kereta api dan infrastruktur dari waktu. Ini pada awalnya dirancang untuk mengangkut kereta api keluar dari California San Joaquin Valley melalui loop Tehachapi. Lokomotif ini dibongkar menjadi lima subassemblies besar untuk transportasi untuk lulus karena dianggap terlalu berat untuk berbagai jembatan di sepanjang rute untuk lulus.
Secara operasional, lokomotif tidak berjalan serta diharapkan karena ukurannya yang besar silinder dan api kecil grate area (salah satu petugas pemadam kebakaran bahkan berkomentar jijik, "Neraka Semua tidak bisa menjaga uap di mesin itu!"). Selama penggeledahan awal berjalan sekitar Sacramento, ditemukan, misalnya, bahwa silinder mesin, yang awalnya dibangun dengan katup putar inovatif, tidak bekerja dengan benar. Ini mengharuskan pengecoran set baru semua silinder dengan katup geser konvensional dan gigi katup Stephenson. Pasifik Tengah berusaha untuk lebih memperbaiki masalah dalam membangun kembali 1885 yang meningkat berat lokomotif untuk £ 154.400 (70.000 kg), dengan £ 121.600 (55.200 kg) pada driver. Ia selama waktu ini bahwa batubara rupanya mencoba sebagai bahan bakar dalam upaya untuk mendapatkan uap ekonomi yang lebih baik. Ada beberapa foto dari lokomotif di halaman Kernville, tender sarat dengan batubara bukan kayu kabel biasa. Pada tahun 1891 rencana renumbering kereta api, El Gobernador menerima sejumlah jalan tahun 2050. Membangun kembali itu tidak berhasil seperti rel kereta api berharap dan lokomotif dibatalkan pada tanggal 15 Juli 1894. Setelah pembongkaran, boiler besar mesin digunakan untuk menyediakan uap untuk mesin stasioner di toko-toko kereta api di Sacramento sampai abad ke-20.
Sayangnya, mesin ini tampaknya sebagian besar telah menjadi korban ketidaksabaran di pihak presiden jalan itu, Leland Stanford. Lokomotif Ukuran ini belum pernah dibangun sebelumnya dan terbukti menjadi tantangan rekayasa unik. Misalnya, bingkai mesin saja sudah sedemikian besar, sehingga ia harus berperan dalam dua bagian yang terpisah, bukan sekaligus sebagai lokomotif dengan lainnya dibangun di Sacramento. Begitu montir utama A.J. Stevens dapat mengetahui bagian, Stanford akan memesannya dibangun dan diinstal pada mesin baru, tanpa memberikan waktu yang tepat untuk pengujian. Stanford juga, sesungguhnya menyembunyikan anggota lain dari The Big Four (minus Mark Hopkins, yang meninggal beberapa tahun sebelumnya) dalam gelap tentang proyek juga. Sekali, sementara Stanford pergi, Charles Crocker datang melalui karya-karya lokomotif pada tur inspeksi dan melihat El sebagian selesai Gobernador dalam pembangunan. Setelah tidak diberitahu tentang proyek, dia marah menuntut untuk mengetahui apa yang mereka lakukan. Ketika diberitahu oleh A.J. Stevens bahwa mereka sedang berusaha untuk membangun mesin terbesar di dunia, Crocker memerintahkan semua pekerjaan dihentikan segera. Sementara itu, kembali ke Stanford menemukan bahwa tidak ada pekerjaan baru telah dilakukan pada mesin dan ketika diberitahu peristiwa yang terjadi, pesanan Crocker yang countermanded dengan tegas.

Union Pacific Big Boy

Pada tahun 1941 Alco Locomotive Work di Amerika membuat 25 lokomotif uap yang super besar dan bertenaga hebat yang bernama Big Boy, konon lokomotif ini yang terbesar yang pernah ada di dunia. Loko ini dioperasikan olehUnion Pacific Amerika Serikat dalam mengarungi medan yang berat berpegunungan.
Pada tahun 1930 Union Pacific mempunyai pengalaman harus melakukan pertolongan pada jalur Ogden ke Wasatch (Amerika Serikat), dimana rangkaian kereta adalah seberat 3.600 ton dan dengan elevasi 1,14%. Oleh sebab itu Union Pacific menghendaki lokomotif yang super kuat. Big Boy dapat menarik rangkaian 3.600 ton, traksi 270,000 kg, sehingga diputuskan dengan konfigurasi 4-8-8-4 (artinga 8+8 roda penggerak, atau seri DD), dan kecepatan 150 km/jam, serta tekanan uap 300 psi.
Konon data terakhir tercatat bahwa Big Boy telah mengarungi rata-rata 1.000.000 mil perjalanan, yang terbesar adalah loko 4006 dengan posisi 1.064.625 mil, sedangkan yang terkecil adalah loko 4024 dengan posisi 811.956 mil. Kode 40 artinya buatan tahun 40-an, dua angka terakhir adalah nomor urut. 

Union Pacific 3985 (Challenger)

Union Pacific 3985 atau UP 3985 adalah sebuah lokomotif uap dengan susunan roda 4-6-6-4 (artinya dengan 6+6 roda penggerak atau seri CC), tipe Challenger yang dimiliki oleh Union Pacific Railroad. Lokomotif UP 3985 dibuat pada 1943 oleh American Locomotive Company (ALCO) SchenectadyNew York. Saat ini UP 3985 yang dijuluki Challenger adalah lokomotif uap terbesar yang beroperasi di dunia.
ALCO membuat 105 buah lokomotif ini untuk Union Pacific yang dioperasikan pada jalur pegunungan di wilayah California dan Oregon.
Rancangan
Lokomotif UP 3985 dirancang oleh insinyur mesin kepala Otto Jabelmann pada 1941, dan merupakan bagian dari pesanan kedua dari versi kedua Challenger. Rancangan ini sangat mengandalkan pengalaman mutakhir dengan lokomotif 4-8-8-4 Big Boy, dan menghasilkan sebuah lokomotif dengan berat sekitar 287.577,5 kg dan disertai dengan 2/3 load tender yang beratnya mencapai 157.850,2 kg.
Tujuan mula-mula dalam menciptakan kelas Challenger adalah mempercepat operasi angkutan dari barat ke timur di Wasatch yang curam di Utah danWyoming barat. Wasatch sendiri ditaklukkan oleh Lokomotif Big Boy tanpa bantuan. Challenger dan Big Boy muncul tepat ketika lalu lintas meningkat dalam persiapan bagi keterlibatan Amerika dalam Perang Dunia II.
Adapun Challenger memiliki keluaran daya sebesar 5000 HP atau 5000 tenaga kuda, dengan kecepatan maximal 70 mph atau 110 km/jam
Challenger 3985 melaksanakan tugas rutin terakhir pada tahun 1957 dan dipensiunkan pada tahu 1962 kemudian disimpan di roundhouse Cheyene sampai tahun 1975 kemudian dilaksanakan beberapa reparasi oleh sukarelawan UP sehingga tahun 1981 dengan gagah loko Challenger 3985 ini dapat dioperasikan kembali.
Challenger ini secara rutin menarik rangkaian gerbong barang namun terkadang juga menarik rangkaian gerbong penumpang. Challanger 3985 aslinya memiliki sistem pembakaran dengan batu-bara yang dilengkapi dengan tender batubara berkapasitas 32 tons, namun pada tahun 1990 Challenger 3985 ini dirobah menjadi boiler dengan sistem pembakaran minyak (oil fired boiler).
Sampai saat ini Challenger 3985 masih aktif melakukan perjalanan wisata, selain itu dia juga masih sanggup melayani transportasi container, lok ini masih sanggup menarik 143 gerbong container, dimana tiap gerbong berisi container yang ditumpuk menjadi 2

2-6-6-6 Allegheny

Apa lokomotif uap yang paling kuat yang pernah dibangun? The Big Boy? Tidak. Apa yang lokomotif uap terberat yang pernah dibangun? The Big Boy? Tidak *. Baca terus untuk mengetahui jawabannya.
Pada awal 1940-an, Chesapeake & Ohio memerlukan kekuatan baru di Allegheny untuk menarik kereta api batubara di jalur sepanjang 80 mil dari trek dari Hinton, Virginia Barat timur ke Clifton Forge, VA. Jangka Ini termasuk nilai 0,577% 13 mil ke puncak 2.072 kaki dari pegunungan Allegheny dan kemudian turunan dibawah nilai 1,14% ke Clifton Forge. Lokomotif  2-6-6-2s yang sudah tua dan 2-8-8-2s, dibuat pada tahun 1920.
Pada 1930, C & O membangun terowongan kereta api. Kelas T-1 "Texas" tipe 2-10-4s dibuat di awal 1930-an dan tampaknya menjadi pilihan bagi Hinton untuk jangka Forge Clifton. C & O juga memesan lokomotif 2-10-4s. C & O ditawari oleh Perusahaan Lokomotif Lima dengan desain lokomotif baru dan lebih kuat.
Desain ini adalah enam desain yang digabungkan, tunggal ekspansi diartikulasikan dengan 67 "diameter driver untuk kecepatan, sebuah 'x 15' 9 tungku dengan ketel uap yang sangat besar untuk memanaskan air dan £ 778.000 dari berat lokomotif untuk menjamin traksi. Tungku api besar ditempatkan di belakang driver dan diperlukan sebuah tender enam roda untuk mendukungnya. Hal ini memberikan desain sebuah susunan roda 2-6-6-6. Dengan empat 22,5 "diameter x 33" silinder stroke, 260 psi tekanan boiler dan 67 "driver diameter bisa mengerahkan £ 110.200 dari traksi.
C & O memesan sepuluh lokomotif 2-6-6-6 dan Lima menyerahkannya  pada Desember, 1941. Mereka ditunjuk Kelas H-8 dan diberi nomor jalan 1600 sampai 1609. Dengan susunan roda baru datang nama baru. C & O dipilih nama "Allegheny" untuk rentang gunung yang ini lokomotif baru akan melakukan tugasnya.
Tender untuk ini lokomotif baru ini adalah dari jenis yang terbesar digunakan di C & O, dengan tangki 25.000 galon air dan 25 bunker ton batubara. Agar panjang keseluruhan dari lokomotif dan dalam batas panjang turntable yang perlu dibuat lebih tinggi di tender bagian belakang, sehingga menyebabkan lebih banyak berat berada di belakang dari bagian depan. Tender ini memiliki enam roda, tetapi delapan roda diperlukan untuk menopang beban di belakang.
Dalam operasi, satu "Allegheny" bisa bergerak mendorong sebuah kereta 140 mobil batu bara didorong ke atas gunung dari Hinton. C & O memiliki 23 dari "Alleghenies" dilengkapi dengan  garis sinyal untuk pelayanan penumpang, tetapi mereka digunakan hemat, menarik sebuah kereta email sesekali berat atau kereta pasukan selama Perang Dunia II. The "Allegheny" mungkin telah menjadi lokomotif angkutan utama. Mereka mampu mencapai rekor yang sangat mengesankan meskipun mereka digunakan dengan cara yang mereka tidak dirancang. Ketel uap yang Allegheny mampu memberikan sampai 8000 HP! Ini jauh lebih besar daripada lokomotif uap reciprocating lain bisa berkembang. Namun, C & O digunakan H-8 dalam pelayanan "batubara tarik" di mana mereka tidak dapat menyadari potensi penuh mereka sebagai lokomotif kecepatan tinggi. Para Alleghenies C & O dirancang untuk mengangkut 5.000 ton pada 45mph, tapi bisa digunakan untuk mengangkut kereta api dari 10.000 ton atau lebih di 15mph. C & O 2-6-6-6s adalah lokomotif yang sangat mengesankan. Namun, mereka tidak pernah digunakan untuk sepenuhnya. The "Allegheny" benar-benar luar biasa dalam perannya, tapi lokomotif sebagus itu tidak bisa memenangkan pertempuran dengan lokomotif diesel. C & O "Alleghenies" dibawa keluar dari layanan awal tahun 1952 dengan api yang terakhir diantar pada tahun 1956.

The Virginian adalah perusahaan kereta api yang telah membeli 2-6-6-6. Butuh waktu delapan bulan pengiriman pada tahun 1945 dan menggunakannya untuk mengangkut kereta api batubara pada tahun 1950-an. Di Virginian Lima salinan ini dibangun dari C & O "Allegheny" disebut "Blue Ridge" lokomotif jenis.

Untungnya, dua dari C & O "Allegheny" lokomotif tipe ini bertahan hidup sampai hari ini, nomor 1601 di Henry Ford Museum di Dearborn, MI dan nomor 1604 di B & O Railroad Museum di Baltimore, MD.

2 komentar:

  1. Big boy memang hebat. gede banget.

    BalasHapus
  2. bagus banget ulasanya gan. jadi ngerti perbedaan pabrikan kereta dan ke khas-annya

    BalasHapus