Selasa, 04 Februari 2014

Lokomotif CC 206



Lokomotif CC206 adalah lokomotif terbaru PT Kereta Api (Persero) buatan General Electric, Amerika Serikat. Lokomotif ini memiliki 2 bogie dengan konfigurasi 0-3-3-0 atau C-C (UIC: Co'Co'), yaitu 3 as roda penggerak untuk setiap bogie. Perbedaan dengan lokomotif diesel elektrik GE lainnya dengan jenis yang sama adalah lokomotif ini memiliki 2 kabin masinis di ujung muka dan belakang seperti halnya lokomotif di Eropa pada umumnya. Lokomotif CC206 diperuntukkan untuk angkutan barang di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Keseluruhan 100 unit dipesan ke pabrik General Electric di Erie, Pennsylvania tanpa bogie. Bogie dirakit oleh Barata Indonesia. Setelah lokomotif sampai di Pelabuhan Tanjung Priok, lokomotif akan dibawa ke Yogyakarta untuk pemasangan bogi di Balai Yasa Traksi Yogyakarta. Saat ini keseluruhan 100 unit sudah tiba di Indonesia.

Sejarah Kedatangan

Ide pemesanan lokomotif CC206 ke General Electric muncul pada tahun 2010 untuk menambah jajaran armada PT KA dan akan digunakan untuk angkutan barang di Pulau Jawa. Pada tahun 2012 dipesanlah lokomotif CC206 sebanyak 100 unit, dan rencananya 2014 akan dipesan lagi sebanyak 50 unit.

Mesin dan Perangkat Elektronik


Mesin lokomotif CC206 adalah General Electric 7FDL-8 versi terbaru yang emisinya setingkat dengan emisi lokomotif Dash-9 di Amerika, dengan tenaga keluaran sebesar 2250 tenaga kuda, setara dengan tenaga keluaran lokomotif CC202. Sedangkan untuk perangkat elektroniknya menggunakan komputer GE BrightStar™ Sirius yang dipadukan dengan layar monitor GE Integrated Function Display (GE IFD) seperti yang ada di lokomotif Dash-9.

Alokasi


Lokomotif CC206 ditempatkan di hampir seluruh dipo induk yang ada di Pulau Jawa untuk angkutan barang maupun penumpang. CC206 mulai ditugaskan membawa KA penumpang terutama KA penumpang dengan rangkaian panjang dan KA penumpang yang di perjalanan harus memutar lokomotif untuk berbalik arah sejak dimutasinya lokomotif CC204 generasi kedua ke Pulau Sumatera, sebelumnya, CC206 hanya ditugaskan untuk menarik rangkaian kereta barang saja.