Selasa, 04 Februari 2014

Lokomotif CC 206



Lokomotif CC206 adalah lokomotif terbaru PT Kereta Api (Persero) buatan General Electric, Amerika Serikat. Lokomotif ini memiliki 2 bogie dengan konfigurasi 0-3-3-0 atau C-C (UIC: Co'Co'), yaitu 3 as roda penggerak untuk setiap bogie. Perbedaan dengan lokomotif diesel elektrik GE lainnya dengan jenis yang sama adalah lokomotif ini memiliki 2 kabin masinis di ujung muka dan belakang seperti halnya lokomotif di Eropa pada umumnya. Lokomotif CC206 diperuntukkan untuk angkutan barang di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Keseluruhan 100 unit dipesan ke pabrik General Electric di Erie, Pennsylvania tanpa bogie. Bogie dirakit oleh Barata Indonesia. Setelah lokomotif sampai di Pelabuhan Tanjung Priok, lokomotif akan dibawa ke Yogyakarta untuk pemasangan bogi di Balai Yasa Traksi Yogyakarta. Saat ini keseluruhan 100 unit sudah tiba di Indonesia.

Sejarah Kedatangan

Ide pemesanan lokomotif CC206 ke General Electric muncul pada tahun 2010 untuk menambah jajaran armada PT KA dan akan digunakan untuk angkutan barang di Pulau Jawa. Pada tahun 2012 dipesanlah lokomotif CC206 sebanyak 100 unit, dan rencananya 2014 akan dipesan lagi sebanyak 50 unit.

Mesin dan Perangkat Elektronik


Mesin lokomotif CC206 adalah General Electric 7FDL-8 versi terbaru yang emisinya setingkat dengan emisi lokomotif Dash-9 di Amerika, dengan tenaga keluaran sebesar 2250 tenaga kuda, setara dengan tenaga keluaran lokomotif CC202. Sedangkan untuk perangkat elektroniknya menggunakan komputer GE BrightStar™ Sirius yang dipadukan dengan layar monitor GE Integrated Function Display (GE IFD) seperti yang ada di lokomotif Dash-9.

Alokasi


Lokomotif CC206 ditempatkan di hampir seluruh dipo induk yang ada di Pulau Jawa untuk angkutan barang maupun penumpang. CC206 mulai ditugaskan membawa KA penumpang terutama KA penumpang dengan rangkaian panjang dan KA penumpang yang di perjalanan harus memutar lokomotif untuk berbalik arah sejak dimutasinya lokomotif CC204 generasi kedua ke Pulau Sumatera, sebelumnya, CC206 hanya ditugaskan untuk menarik rangkaian kereta barang saja.



Berikut adalah daftar terbaru mengenai alokasi lokomotif CC206:
Dipo IndukNomor Lokomotif
Jatinegara (JNG) = 15 unitcc206 13 49, cc206 13 64, cc206 13 71, cc206 13 73, cc206 13 74, cc206 13 75, cc206 13 76, cc206 13 77, cc206 13 78, cc206 13 79, cc206 13 81, cc206 13 87, cc206 13 88, cc206 13 89, cc206 13 90
Bandung (BD) = 9 unitcc206 13 21, cc206 13 55, cc206 13 80, cc206 13 82, cc206 13 94, cc206 13 95, cc206 13 96, cc206 13 97, cc206 13 98
Cirebon (CN) = 5 unitCC206 13 03, CC206 13 05, CC206 13 20, CC206 13 33, CC206 13 34
Semarang Poncol (SMC) = 4 unitCC206 13 56, CC206 13 65, CC206 13 66, CC206 13 68
Purwokerto (PWT) = 11 unitCC206 13 22, CC206 13 23, CC206 13 28, CC206 13 43, CC206 13 44, CC206 13 57, CC206 13 58, CC206 13 61, CC206 13 83, CC206 13 91, CC206 13 99
Yogyakarta (YK) = 12 unitCC206 13 26, CC206 13 27, CC206 13 30, CC206 13 31, CC206 13 62, CC206 13 63, CC206 13 67, CC206 13 69, CC206 13 84, CC206 13 85, CC206 13 92, CC206 13 100
Sidotopo (SDT) = 44 unitCC206 13 01, CC206 13 02, CC206 13 04, CC206 13 06, CC206 13 07, CC206 13 08, CC206 13 09, CC206 13 10, CC206 13 11, CC206 13 12, CC206 13 13, CC206 13 14, CC206 13 15, CC206 13 16, CC206 13 17, CC206 13 18, cc206 13 19, CC206 13 24, CC206 13 25, CC206 13 29, CC206 13 32, CC206 13 35, CC206 13 36, CC206 13 37, CC206 13 38, CC206 13 39, CC206 13 40, CC206 13 41, CC206 13 42, CC206 13 45, CC206 13 46, CC206 13 47, CC206 13 48, CC206 13 50, CC206 13 51, CC206 13 52, CC206 13 53, CC206 13 54, CC206 13 59, CC206 13 60, CC206 13 70, CC206 13 72, CC206 13 86, CC206 13 93

Tidak ada komentar:

Posting Komentar