Senin, 13 Agustus 2012

Lokomotif CC300



Pada tanggal 18 Juli 2012, telah dilakukan uji jalan ( Test Run ) lokomotif terbaru produksi PT.INKA, yaitu lokomotif diesel hidrolik CC300. Uji jalan ini dilaksanakan menempuh rute Madiun – Ngajuk dengan lokomotif CC 300 menarik rangkaian gerbong kereta kedinasan. Rute Madiun – Nganjuk dipilih karena mempunyai lintas yang tidak hanya datar tetapi juga memiliki tanjakan sehingga bisa digunakan untuk menguji kemampuan lomotif CC 300 dalam menghadapi tanjakan.
Dalam uji jalan kali ini lokomotif CC 300 juga menjalani serangkaian pengujian,yaitu uji kecepatan maksimum, akselerasi, pengereman maupun pengereman darurat ( emergency break ).
Lokomotif ini mempunyai panjang 19 m, lebar 2,642 m dan berat sekitar 90 ton. Kecepatan maksimalnya adalah 120 km/jam, power outputnya adalah 2500 HP dan memiliki traksi effort sebesar 270 KN untuk starting. Mesinnya memakai mesin diesel Caterpillar dengan transmisi dari Voith. Sistem pengereman memakai produk Wabtec, master controller memakai produk Woojin dari Korea Selatan, juga dilengkapi dengan genset C15 dari Caterpilar sehingga tidak memerlukan kereta pembangkit jika menarik rangkaian kereta penumpang.
Saat ini sudah ada 3 lokomotif CC300 yang dibuat oleh PT Inka dan sedang menjalani test run di pabrik Inka. Direncanakan lokomotif ini akan ditempatkan di Dipo lokomotif Jember karena dipo itu tak mempunyai banyak lokomotif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar