Jumat, 29 Juni 2012

Jenis Lokomotif Berdasarkan Artikulasinya


Lokomotif Garratt



Sebuah Garratt adalah jenis lokomotif uap yang diartikulasikan dalam tiga bagian. Boiler dipasang pada frame tengah, dan dua mesin uap sudah terpasang pada frame terpisah, satu pada setiap ujung boiler. Artikulasi memungkinkan lokomotif yang lebih besar untuk bernegosiasi kurva dan rel ringan yang mungkin membatasi besar kaku berbingkai lokomotif. Banyak Garratt desain yang bertujuan untuk melipatgandakan kekuatan lokomotif konvensional terbesar yang beroperasi pada kereta api mereka, sehingga mengurangi kebutuhan untuk lokomotif ganda dan kru.

Lokomotif Mallet


Lokomotif Mallet adalah jenis lokomotif diartikulasikan , diciptakan oleh seorang insinyur Swiss bernama Anatole Mallet (dan dengan demikian, nama ini diucapkan dengan benar dengan cara Prancis, "Mallay").
Lokomotif Mallet memiliki dua "mesin" - yaitu dua pasang silinder, masing-masing pasangan batang terhubung ke sekelompok roda mengemudi. As roda dari himpunan belakang driver menyerahkan kerangka utama dari lokomotif, yang tetap pada boiler di atasnya (di bagian belakang, untuk memungkinkan perluasan boiler panas). Bingkai memegang set depan driver adalah berengsel ke rangka utama, yang memungkinkan untuk berayun dari sisi ke sisi.Ujung depan boiler bersandar pada bantalan geser pada frame depan ayun.

Lokomotif Meyer



Lokomotif uap jenis Meyer, kalau artikulasi roda penggerak berada di bawah tungku, serta roda penggerak depan dan belakang mendapat tekanan uap yang sama. Penemu sistem ini adalah insinyur Perancis bernama Jean-Jacques Meyer pada tahun 1868. Varian lain adalah Kitson-Meyer. Sistem ini banyak dipakai di Eropa, Amerika, dan juga Hindia Belanda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar